Prinsip kerja sirkit protek ic Inverter Driver




Inverter backlight umumnya dipasang 2 macam protek, yaitu

  •     Protek Over Current, yaitu protek yang akan bekerja jika FET panas, beban short, atau tranfo tegangan tinggi HV setengah short.
  •     Protek Open Lamp, yaitu protek yang akan bekerja jika lampu putus atau sambungan lepas.



Pada saat lampu CCFL (semacam neon) atau lampu led backlight menyala pertama kali, maka arus dan tegangan yang bekerja pada lampu tersebut belum stabil.  Maka dalam hal ini sistim protek DITUNDA  bekerjanya terlebih dahulu selama beberapa detik.

Pengaturan penundaan dilakukan dengan memasang sebuah kapasitor pada salah satu kaki ic inverter.

  •     Saat nyala pertama kali, kapasitor masih kosong, sehingga tegangan pada kapasitor nol.
  •     Kemudian melalui sebuah R kapasitor tersebut akan mulai diisi muatan dan tegangan pada kapasitor secera bertahap akan naik.
  •     Jika tegangan pada kapsitor telah naik mencapai sekitar 2.5v atau 3 v….maka sistim protek baru mulai aktip bekerja.
  •     Makin besar nilai kapsitor makin lama waktu penundaan.


Kadang diperlukan untuk melumpuhkan sistim protek saat melakukan repair inverter.
Oleh karena itu untuk melumpuhkan sistim protek umumnya dapat dilakukan cukup dengan memasang paralel sebuah R 100k pada kapasitor tersebut.  Dengan demikian kapasitor tidak dapat diisi karena selalu dibuang melalui R tsb.

Untuk mencari pin protek sebuah ic, maka cari datasheet ic tersebut. Pin protek umumnya ditandai dengan huruf CP,SCP, Timer, Timer latch, SST

Menghidupkan inverter dg sistim protek yg dilumpuhkan....maka segera raba FET inverter.....jika terasa panas....hal ini menunjukkan ada komponen yg masalah, misalnya tanfo HV, lampu CCFL gosong.






sumber:
marsonotv.blogspot.co.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nilai Tegangan-tegangan pada Modul Tcon

Tv LCD/LED Samsung Indikator Kedip-kedip

Inilah Gejala Jika Tegangan pada Tcon Tidak Normal